Materi Algoritma Dasar

 

 1.1 JUDUL PENELITIAN
            Aplikasi Sistem Keamanan File dan menggunakan Algoritma Blowfish dengan Kunci Simetrik.

 1.2 LATAR BELAKANG
          Dalam era konektifitas elektronik universal, hacker, virus, penipuan elektronik maupun mendengar diam-diam secara elektronik, maka keamanan data benar-benar menjadi permasalahan yang sangat penting. Untuk mengamankan data  atau message dijaringan diperlukan cryptography dengan metode encryption. Salah satu metode encryption data/folder yang akan dibahas dalam tugas akhir ini adalah Algoritma Blowfish.
          Dalam tugas akhir ini akan disajikan analisis kinerja algoritma Blowfish dengan cara memakai kunci simetrik. Kegunaan algoritma ini adalah menghasilkan suatu self-decryption archive setelah mengenkripsi file dan folder. Untuk mendekripsi file dan folder, user harus menjalankan archive tersebut juga memberikan password dan lintasan tujuan (destination). Algoritma kriptografi dapat dibagi ke dalam kelompok algoritma simetris dan algoritma asimetris. Algoritma simetris merupakan algoritma kriptografi yang menggunakan kunci yang sama baik untuk proses enkripsi maupun dekripsi. Algoritma simetris dapat dikelompokkan menjadi dua kategori, yaitu cipher aliran (stream chiper) dan cipher blok (block chiper).Cipher aliran merupakan algoritma kriptografi yang beroperasi dalam bentuk bit tunggal.Kunci yang digunakan untuk enkripsi dan dekripsi akan disamarkan dan disisipkan bersama dengan data yang telah dienkripsi, hal ini dilakukan agar informasi kunci tidak dapat diketahui dengan mudah oleh penyadap. setelah data yang telah dienkripsi dan dikirimkan sampai pada penerima, kunci yang telah disamarkan dan disisipkan akan diambil kembali dari data dan akan digunakan untuk proses dekripsi.
1.3 RUMUSAN MASALAH
          Berdasarkan latar belakang diatas, dapat dirumuskan masalah pada penelitian ini yaitu:
      1.      Bagaimana cara merancang keamanan file menggunakan algoritma blowfish ?
      2.      Bagaimana tanggapan mahasiswa dengan perancangan file menggunakan algoritma blowfish ?

1.4 BATASAN MASALAH
            Adapun batasan-batasan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
     1.      Masalah kriptografi diterapkan hanya untuk keamanan dan kerahasiaan file atau data.
   2.  Menggunakan kriptografi simetrik dengan algoritma blowfish dan kriptografi asimetris masing-masing menggunakan kunci dengan panjang 64 bit.
     3.      Merancang suatu system pengamanan file agar tidak bias di sadap oleh orang lain.

1.5 TUJUAN PENELITIAN
            Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah perancangan keamanan file dengan menggunakan algoritma blowfish agar file yang kita punya tidak dapat di sadap oleh orang lain.Kemudian melakukan uji bentuk-bentuk kasus pencarian terhadap perancangan aplikasi system keamanan file menggunakan blowfish.


1.6 MANFAAT PENELITIAN
            Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
    1.      Dengan menggunakan algoritma ini maka,file yang kita akan menjadi lebih aman dan tidak akan bisa di sadap oleh orang lain.
     2.      System yang telah dirancang mampu mengirim data terenkripsi melalui jaringan LAN dengan aman.



1.7  METODE PENELITIAN
            Dalam penelitian ini kita mengunakan metode blowfish untuk keamanan file.
    1.      Blowfish adalah algoritma kriptografi kunci simetrik,yang berarti menggunakan kunci yang sama untuk melakaukan enkripsi dan dekripsi file.
    2.      Cara kerja algoritma blowfish itu sendiri adalah Sub-Kunci P(1) sampai P(18) digunakan dalam urutan terbalik yaitu P(1) menjadi P(18),P(2) menjadi P(17) dan seterusnya.
     3.      Blowfish memiliki 64-Bit ukuran blok dan variabel panjang kunci dari 1 Bit sampai 448 Bit.


1.8  TINJAUAN PUSTAKA
Nama peneliti
Judul penelitian
Metode yang di gunakan
Kesimpulan
Anggi Purwanto
(jurnal teknik elektro telekomudikasi, Fakultas Teknik Elektro dan Komunikasi,2005)
Implementasi Sistem Keamanan File Me

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manfaat berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh

1. Membersihkan Racun dalam Tubuh   Tubuh juga membutuhkan detoksifikasi untuk membuang racun-racun dalam tubuh. Makanan yang ...

Popular Posts